Minggu, 20 November 2011

JANGAN BERPUAS DIRI

Banyak sekali kita mengenal olahragawan yang handal dan dipuji oleh banyak orang, karena keahlian mereka masing-masing di dunia olahraga.
Dan banyak juga olahragawan yang menjadi terkenal dan menjadi idola sampai menjadi legenda. Sebut saja beberapa nama seperti : Pele & Maradona disepakbola, Michael Jordan & Dennis Rodman dibasket, Mohammad Ali & Mike Tyson ditinju, dan masih banyak olahragawan lainnya.

Banyak sekali orang yang menjadikan dunia olahraga sebagai lahan untuk mencari penghasilan, baik itu tetap maupun hanya sebagai sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tetapi di luar itu, banyak juga olahragawan yang sangat menyadari tentang bahaya berpuas diri. Karena apabila mereka pensiun sebagai atlet, dengan sendirinya penghasilan mereka akan hilang atau dengan kata lain tidak lagi mendapatkan bayaran karena mereka tidak mendapatkan dana pensiun.

Salah seorang atlet basket "NBA" dari tim Detroit Piston pada era tahun 1960-an yang bernama "Dave Bing" merupakan pemain pengumpul poin terbanyak pada tahun keduanya bermain di liga profesional NBA.
Pola berpikir "Bing" boleh diacungi jempol. Bagaimana tidak, pada masa ketenarannya sebagai seorang pemain basket profesional, "Dave Bing" tidak langsung berpuas diri dengan apa yang sudah ia dapatkan saat itu. "Bing" tetap melanjutkan sekolahnya dengan kuliah di Syracus University. Ia tahu bahwa tidak akan terus menjadi seorang pemain basket dan mempunyai penghasilan yang cukup untuk masa depannya.
Disela-sela musim pertandingan, selain kuliah "Bing" pernah bekerja di sebuah Bank, Pabrik Baja, dan disalah satu perusahaan otomotif. Ia banyak sekali mendapat pelajaran berharga selama kuliah & bekerja, karena selain sebagai pemain basket profesional yang bermain di liga NBA, Dave Bing masih bisa meluangkan waktunya untuk bekerja ditempat lain diluar profesinya itu.
Hasil dari semua kerja kerasnya itu berbuah manis. Setelah pensiun sebagai pebasket profesional, Dave Bing langsung menjadi CEO ditiga perusahaan besar di Amerika Serikat yang mempekerjakan lebih dari tiga ratus ribu orang. Dan kini ia tercatat sebagai salah satu pengusaha berkulit hitam tersukses Di Amerika.

Itulah hasil yang dituai setelah menanam benih tentang rasa tidak berpuas diri dari apa yang sudah didapat. "Dave Bing" tidak langsung berpuas diri dari keberhasilannya sebagai seorang atlet profesional, karena ia merasa pada suatu saat nanti dimana seorang olahragawan akan mengakhiri karirnya, entah karena batasan umur atau keahliaannya sudah sangat menurun dan sebagainya.

~Jangan takut untuk menginginkan kebih banyak hal dalam kehidupan kita~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan komentar anda