Sabtu, 19 November 2011

KARYA YANG DIWARISKAN

Seorang anak kecil berusia lima tahun menulis sebuah konserto tingkat tinggi untuk harpa. Sebelum umurnya genap sepuluh tahun ia menerbitkan beberapa sonata biola dan bisa memainkan beberapa karya terbaik musisi terkenal Handel & Bach hanya berdasarkan dari apa yang ia ingat. Memasuki usianya yang kedua belas, ia sudah bisa menggubah & memimpin opera pertamanya. Setelah itu ia diberi kepercayaan sebagai master untuk mengiringi "Salzburg Symphony Orchestra". Mulai saat itu ia mulai di eluk-elukan & disanjung sebagai kebanggaan Salzburg.
Dialah Johannes Chrisostomus Wolfgangus Amadeus Theopilus Mozart yang lebih dikenal dengan panggilan Mozart. Meskipun lebih sering hidup dalam kemiskinan , ia telah menulis kurang lebih empat puluh simfoni, empat puluh aria,duet & kuartet dengan iringan orkestra dan lebih dari sepuluh opera serta telah menggubah lebih dari enam ratus lagu.
Salah satu kalimat yang pernah Mozart katakan adalah "orang keliru kalau mengira karya saya tergubah secara gampang. Tidak ada orang yang mencurahkan sekian banyak waktu & gagasan untuk menggubah musik seperti yang saya lakukan."

Mozart meninggal pada usia tiga puluh lima tahun. Istrinya yang sedang sakit seakan tidak peduli dengan kematian Mozart, hanya beberapa temannya yang datang ke gereja untuk menghadiri misa pemakamannya. Namun pada saat menuju ke tempat penguburan, teman-temanya tidak bisa datang untuk melihatnya karena ada badai yang besar, sehingga mereka tidak mengetahui dimana Mozart di kuburkan. Tidak ada tanda penghormatan di tempat peristirahatannya yang terakhir.

Walaupun begitu, Dunia tetap mengenal Mozart melalui karya-karyanya yang sangat terkenal sampai sekarang dan boleh dibilang mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan karya-karya musisi kaliber lainnya.
Yang diwariskan Mozart bukanlah kehidupan yang ia jalani melainkan karya sebagai seorang Musisi yang handal.

" Selalu fokus & terus berkarya, apapun yang kita kerjakan atau lakukan, apabila dikerjakan dengan baik dan benar pasti akan menghasilkan sesuatu yang besar dan bukan tidak mungkin kita akan dikenal sekaligus disanjung oleh banyak orang karena suatu karya yang telah kita buat."

~ Bila kita melakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita peroleh dikemudian hari ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan komentar anda