Senin, 05 Desember 2011

MARGARET THATCHER


Dilahirkan di Grantham, Lincolnshire, Inggris pada tahun 1925 dengan nama lengkap Margaret Roberts Thatcher, adalah perdana menteri wanita pertama di Inggris. Sebelum menjabat sebagai perdana menteri Inggris Margaret pernah menjadi Walikota sebanyak dua kali di kota kelahirannya. Lulusan dari College Somerville Universitas Oxford dengan gelar sarjana kimia dan pernah bekerja sebagai periset kimia bagi firma plastik Colchester dan J Lyons Company selama empat tahun.
Margaret sendiri menikah pada tahun 1951 dengan Denis Thatcher. Ia rela meninggalkan pekerjaannya demi memperoleh gelar dibidang hukum dan selesai dengan waktu yang relatif singkat Margaret mengikuti ujian akhir pengacaranya pada tahun 1953.
Setelah menyelesaikan kuliahnya dan menjadi seorang pengacara, Margaret bekerja sebagai pengacara perpajakan dan memperoleh jabatan di Parlemen Finchley, London.Dan pada saat itu karirnya mulai menanjak menjadi sekretaris parlemen Gabungan bagi menteri pensiun dan asuransi nasional, dan menjadi Sekretaris Negara Bagian Bidang Pendidikan dan Iptek.
Pada tahun 1974, Margaret terpilih sebagai pemimpin partai konservatif, dan pada tahun 1979 ia memimpin partainya menuju kemenangan, dan ia sendiri menjadi perdana menteri wanita pertama di dalam sejarah Inggris.
Margaret pernah mengungkapkan filsafatnya mengenai kepemimpinan sebagai berikut: "
Tidak mungkin ada kebebasan kecuali ada kebebasan ekonomi. Hapuskan perusahaan bebas, maka kau menghapus kebebasan.
" Kebijakan fiskalnya termasuk menyerang inflasi dengan mengurangi suplai uang, mengurangi pembelanjaan publik dan menigkatkan suku bunga. Pada tahun 1982, pendirian tegasnya di Inggris dan juga luar negeri, sebagaimana dibuktikan oleh pendiriannya yang secara terang-terangan menentang penyerangan Rusia ke Afganistan dan sekaligus membuatnya mendapat gelar sebagai wanita besi
Dan pada tahun 1983 dengan ditandai adanya konfrontasi oleh perserikatan besar. Kebijakannya membimbing kepada penurunan tingkat inflasi dari 24 persen pada tahun 1979 menjadi 3,5 persen. Pengobaran semangatnya terhadap program-program privatisasi kepada penciptaan beberapa perusahaan publik utama, seperti British Gas dan British Airways.
Margaret Thatcher menjadi Perdana Menteri pertama yang memenangkan pemilihan sebanyak tiga kali berturut-turut, dan dianggap sebagai tetua negarawati karena telah banyak menjalin hubungan yang sangat baik dengan para pemimpin dunia lainnya. Margaret pensiun sebagai Perdana Menteri pada tahun 1990, karena tidak lagi mendapat dukungan dari partainya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan komentar anda