Senin, 21 November 2011

AKTIVITAS DIIRINGI PRODUKTIVITAS

Salah seorang manager sebuah tim bisbol sedang menyaksikan para pemain sedang latihan.
Pada saat itu yang menjadi pusat perhatiaanya adalah salah seorang pemain tengah, yang dari awal bermain hanya terus berlari, tapi tidak sekalipun dapat menangkap bola yang telah dipukul oleh pemain pemukul. Adapun yang harus menjadi tugas utama seorang pemain tengah adalah berusaha untuk menangkap bola yang telah dipukul pemain pemukul.

Saking kesalnya, sang manager pun memanggilnya untuk keluar dari lapangan permainan dengan alasan pemain tersebut hanya lari berkeliling lapangan tanpa melihat arah datangnya bola, dengan kata lain ia hanya beraktivitas tanpa diiringi produktivitas sebagaimana tugas utamanya sebagai pemain tengah yang harus berusaha sebisa mungkin untuk menangkap bola.

Sang manager pun langsung memasuki lapangan permainan untuk mengganti posisi pemain tengah itu, dan langsung memulai aksinya dilapangan dengan maksud untuk memberikan contoh cara bermain sebagai pemain tengah.
Bola pertama yang mengarah kepadanya tidak bisa ditangkap dengan baik dan hanya mengenai mulutnya. Pada bola yang kedua, sang manager berlari menuju ke arah bola tersebut dan berusaha untuk menangkapnya. Tapi karena terkena sinar matahari matanya menjadi silau dan akhirnya bola itu tidak bisa ditangkap dan mengenai dahi dari sang manager. Setelah itu ia pun keluar lapangan permainan dan langsung mendekati pemain tengah yang digantinya tadi. Sang manager pun langsung memarahi pemain tersebut dengan berkata : 'Kamu membuat lapangan tengah menjadi berantakan, sampai aku sekalipun tidak bisa berbuat apa-apa dilapangan'.

Banyak hal yang dilakukan dalam keseharian hidup kita. Hal yang kita lakukan itu disebut dengan istilah "aktivitas", tetapi ada juga hal yang kita lakukan karena sudah menjadi kebiasaan yang sering kita sebut dengan istilah "rutinitas". Perbedaanya, kalau aktivitas mempunyai tujuan sedangkan rutinitas tidak. Adapun tujuan dari istilah aktivitas adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan hasil atau yang disebut dengan istilah "produktivitas". Pengertian dari istilah produktivitas sendiri adalah untuk menghasilkan sesuatu.
Kita harus bisa menjadikan suatu hal dalam keseharian hidup kita sebagai suatu aktivitas dan bukan sebagai rutinitas saja. Misalnya dalam hal pekerjaan; Apabila pekerjaan kita hanya dilakukan sebagai rutinitas saja, boleh dibilang pola pikir kita tidak akan berkembang atau hanya jalan ditempat. Tetapi kalau pekerjaan kita dilakukan sebagai aktivitas, bukan tidak mungkin kita akan memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya dengan tidak melupakan tujuannya yaitu produktivitas. Kedua istilah ini tidak boleh dipisahkan satu sama lainnya, karena aktivitas akan berjalan dengan baik apabila diiringi dengan produktivitas.

Efektivitas adalah melakukan segala hal yang benar. Sedangkan efesiensi adalah melakukan segala hal dengan benar. Kita tidak bisa menyamakan efektivitas dan efesiensi karena efektivitas dilakukan dengan gerakan yang berlebihan. Sedangkan efisiensi dilakukan hanya dengan suatu gerakan yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

" Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik kita harus mengetahui gerakan-gerakan apa yang harus kita lakukan". Karena dengan kita mengetahuinya semua aktivitas yang kita lakukan akan menghasilkan produktivitas.

~ Melakukan hal yang benar selalu ada pahalanya, tetapi biasanya tidak langsung. Namun kelegaan sesaat dari solusi yang mudah tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan sukacita abadi dari memilih yang benar ~

... Selamat Berjuang ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan komentar anda